Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Fenomena Unik dan Aneh di Antartika

Unik dan Menarik - Antartika adalah sebuah benua yang membentang luas, benua ini terletak di ujung selatan dunia ini.
Benua Antartika memiliki iklim dingin dan dataran bersalju tersebut banyak menyimpan fenomena yang hanya bisa dirasakan di Antartika.

Apa saja fenomena itu? Mari kita bahas bersama-sama.

1. Terdapat Cincin Es Raksasa
Pada tahun 2015, seorang ahli geofisika bernama Christian Muller menemukan sebuah kawah yang berbentuk cincin berukuran raksasa, kawah tersebut berada di Bongkahan es Baudoin di kutub selatan. Penemuan cincin raksasa tersebut didasari oleh 2 peneilitian terdahulu mengenai adanya meteorit besar yang menghantam wilayah Antartika pada tahun 2004. 

2. Musim Yang Aneh
Di Antartika terdapat keanehan musim yaitu pada waktu musim dingin tidak adanya siang hari, saat berada di musim panas di Antartika tidak akan terjadi peristiwa malam hari, jadi jangan berharap matahari akan bersinar pada saat musim dingin, begitu juga sebaliknya disaat musim panas saat malam hari matahari masih bisa terlihat di wilayah Antartika. Aneh yaa haha

3. Antartika Tidak Mengenal Zona Waktu
Antartika di kutub selatan merupakan tempat garis bujur bumi bertemu. Itulah alasan mengapa di sana tidak ada zona waktu. Sebab secara teori, Antartika dapat menggunakan zona waktu mana pun yang ada di seluruh dunia.

4. Tidak Ada Reptil di Antartika
Tak ada banyak jenis hewan yang bisa kamu temui di Antartika. Di sana hanya terdapat hewan seperti penguin, paus, anjing laut, dan burung albatros.
Mengapa tidak ada reptil disana? Karena reptil tidak dapat bertahan pada ekosistem kutub, mereka harus menghangatkan diri, yang tentunya sangat sulit didapatkan di daerah Antartika.

5. Terdapat Lembah Paling Kering di Dunia
Di tengah Antartika yang super dingin, terdapat lembah sangat kering bagaikan gurun. Tepatnya lembah kering McMurdo.
Gurun ini sangat kering dan berangin. Curah hujannya hanya 50 milimeter per tahun. 

Referensi:
https://www.wjtoday.com/berita/1206/fenomena-aneh-yang-hanya-bisa-dirasakan-di-benua-antartika
timeanddate.com.
https://www.google.com/amp/s/sulsel.idntimes.com/science/discovery/amp/reza-mahendra-2/fakta-unik-benua-antarktika-regional-sulsel
https://www.universetoday.com/118639/what-could-explain-the-mysterious-ring-in-antarctica/amp/
Baca Juga

Posting Komentar

2 Komentar

Komentar Anda??