Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Bagaimana Pohon Kelapa Bisa Tumbuh di Pantai - Bahkan di Pulau Terpencil tak Berpenghuni?

Bagaimana Pohon Kelapa Bisa Tumbuh di Pantai - Bahkan di Pulau Terpencil tak Berpenghuni?

Image by DEZALB from Pixabay

Unik dan Menarik - Pohon kelapa banyak dijumpai hampir di setiap daerah; di perkebunan, dataran tinggi, dataran rendah tepi pantai hingga pulau tak berpenghuni. Bagaimana bisa? Jika pohon kelapa tumbuh di pulau tak berpenghuni, adakah yang menanam?

Di daerah pemukiman dan perkebunan, pohon kelapa sengaja ditanam manusia untuk menunjang kebutuhan manusia. Namun khusus untuk daerah terpencil di tepi pantai bahkan pulau tak berpenghuni dimana pohon kelapa kerap ditemui, pohon kelapa tumbuh dengan sendiri tanpa campur tangan manusia. Bagaimana bisa?
Era perdagangan dunia sudah dimulai jauh di jaman dahulu, berabad abad yang lalu. Berbagai komoditi diperjual belikan dalam perdagangan tersebut, termasuk diantaranya adalah kelapa. Buah kelapa dikirim dari satu daerah ke daerah lainnya dengan moda transportasi yang ada, misalnya pedati. Untuk pengiriman kelapa antar pulau, manusia saat itu menggunakan kapal.

Saat buah kelapa dikirim melalui kapal, beberapa butir buah kelapa bisa saja jatuh ke laut karena faktor cuaca. Buah buah yang jatuh ke laut tersebut terapung di lautan hingga buah tersebut bisa terdampar di pulau. Saat terdampar di pantai, pohon kelapa secara perlahan akan tumbuh. Buah kelapa mulai menumbuhkan tunasnya, akar dan terus tumbuh hingga besar. Itulah sebabnya banyak sekali pohon kelapa di tepi pantai.

Buah kelapa yang sudah tumbuh besar dan mulai berbuah, bisa saja menjatuhkan buahnya karena faktor alam atau karena beban dari buah kelapa sangat berat. Saat jatuh, buah kelapa bisa menggelinding di pantai dan terseret ombak sampai mendarat di pulau yang lainnya, terus seperti itu. Nah, dari sinilah alasan mengapa pohon kelapa bisa tumbuh di pantai pantai bahkan di pulau terpencil tak berpenghuni.
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar