Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Hanya Burung Ini yang Mampu Terbang 10 Bulan Nonstop

Apakah anda pernah dengar burung Kapinis atau Apus-apus? Kapinis merupakan spesies burung dari keluarga Apodidae, dari genus Apus.

Burung Kapinis disebut-sebut sebagai burung paling tangguh di dunia lho. Spesies ini mampu terbang 10 bulan tanpa sekali pun mendarat.

Kapinis atau yang nama bekennya di dunia Biologi Apus affinis (Gray, 1830) masih satu keluarga dengan walet, Apodidae. Keluarga Apodidae khas dengan kemampuan terbangnya yang cepat – sekitar 110km/jam, pemakan serangga, dan tersebar luas di dunia. Meski satu keluarga, nasib kapinis rumah lebih beruntung daripada walet.

Jika dibayangkan, burung paling tangguh itu adalah Elang. Nampaknya hal itu akan segera berubah setelah mengetahui karakteristik burung Kapinis ini.

Pasalnya, burung Kapinis merupakan burung dengan kemampuan terbang paling lama. Menurut peneliti, burung ini mampu terbang hingga 10 bulan non stop.
Kemampuan terbang burung ini berasal dari bentuk sayap dan tubuhnya. Tubuh meruncing seperti roket dan sayap yang lebar jadi penyebabnya.

Para peneliti melakukan pengamatan dengan memasang sensor gerak pada burung ini. Dan pada akhirnya fakta tersebut terungkap dan menggegerkan dunia fisiologi hewan.
Berbicara soal jarak, bahkan burung ini mampu menempuh jutaan kilometer. Tidak berlebihan jika julukan burung paling tangguh dapat diberikan pada burung ini.
Sumber: Fahami Info & Google
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar